GOALS

Pengalaman Jadi Tutor Les Privat Part 1

Foto oleh Husniati Salma di Unsplash


Pengalaman les privat saya dimulai setahun yang lalu (sepertinya saat semester 5 akhir) dan siswa pertama saya bernama Nando (bukan nama asli). Nando ini anak laki-laki yang duduk di kelas 4 Sekolah Dasar. Orang tuanya biasanya bekerja dan kadang sampai malam. Nando lebih sering di rumah bersama kakek dan neneknya.

Btw, rumahnya Nando ini tak jauh dari rumah saya, sekitar 15 menit untuk sampai kesana. Meskipun tidak jauh tapi jalan yang saya lalui cukup sulit, banyak bebatuan, melewati sawah ladang dan belum lagi kalau cuaca hujan, huhu. Selain itu saya juga tidak asing lagi did aerah rumahnya Nando itu karena teman-teman saya sewaktu SMP juga banyak yang rumahnya sekitar situ.

Pertama kalinya saya datang Nando terlihat masih malu-malu dan saya pun memperkenalkan diri. Nama saya siapa, sekolah dimana dan dimana rumah saya. Lambat laun kami pun mulai akrab. Les privat ini berlangsung cukup lama sampai mendadak muncul corona kemudian sekolah berhenti dan les juga berhenti.

Sebelum itu, banyak suka duka dan pengalaman yang saya dapat saat les privat bersama Nando ini.

Sukanya, terkadang Nando semangat waktu belajar sehingga waktu tidak terasa tiba-tiba sudah selesai. Semangat Nando ini yang membuat saya juga tertular semangatnya.

Dukanya, terkadang mood Nando ini berubah-ubah. Apalagi kalau bangun tidur pastinya masih ngantuk dan cemberut mulu. Padahal saya sebenarnya juga ngantuk lhoo wkwkw. Selain itu saya juga seringkali kehujanan waktu pulang ngeles. Belum lagi kalau jalan yang saya lalui bermasalah, kadang nggak enak banget pas naik motor (badan sakit semua). Pernah juga saya sampek magrib baru pulang karena nunggu hujan reda.

Momen lain yang tak akan saya lupakan adalah kesenangan Nando pas belajar apalagi biasanya kakeknya juga sering ikut menimpali saat belajar, terutama pas bahasa Jawa. Namun kakeknya Nando beberapa bulan  kemudian meninggal karena sakit.

Saya sendiri kadang terbayang setelah kembali les di rumahnya. Biasanya kakeknya juga nungguin di ruang tamu. Biasanya saya juga salaman waktu datang dan pulang tapi sekarang sudah tidak lagi.

Nah, inilah pengalaman pertama saya jadi tutor untuk yang pertama kali. Saya ngajar les Nando ini termasuk cukup lama namun berhenti saat corona datang. Setelah new normal saya memang jadi tutor les privat lagi namun tidak di rumahnya Nando.

0 komentar:

Post a Comment