GOALS

Pengalaman Belajar Menggunakan Teknik Pomodoro

 

https://pomodorocontrol.com/


Beberapa minggu terakhir saya banyak menatap layar laptop untuk mengerjakan tugas yang kaitannya dengan tulis menulis, belum lagi soal proposal penelitian dan tugas laporan yang kalau dihitung hasilnya berlembar-lembar.

Kemampuan untuk fokus mengerjakan tugas tersebut perlu saya lakukan dengan menghindari banyak gangguan. Salah satu hal yang saya coba di minggu-minggu ini adalah penggunaan teknik pomodoro.

Teknik pomodoro merupakan salah satu teknik manajemen waktu agar kita terhindar dari berbagai gangguan. Teknik ini muncul pada tahun 1990-an dan dikemukakan oleh Franscesco Cirillo. Saat itu dia masih berstatus sebagai mahasiswa dan harus menyelesaikan tugas yang begitu banyak. Kemudian ia menggunakan pengatur waktu berbentuk tomat yang digunakan untuk mengatur interval waktu.

Cara kerjanya sederhana, kita hanya perlu setting waktu 25 menit untuk fokus melakukan pekerjaan atau belajar kemudian 5 menit untuk istirahat. Teknik pomodoro membuat siklus singkat sehingga kita bisa fokus dan beristirahat sesuai dengan waktu yang telah kita setting.

Saya mengawalinya dengan mendownload aplikasi yang mendukung penerapan teknik ini. Aplikasi yang saya gunakan adalah Goodtime yang bisa teman-teman download di Playstore. Saya memilih aplikasi ini karena menurut saya simple, elegan dan gak neko-neko, hehe. Dalam menerapkan teknik pomodoro ini biasanya saya mulai hal berikut.

Pemilihan Tugas

Hal pertama adalah memilih tugas mana yang akan saya kerjakan. Biasanya saya membagikan ke prioritas tugas. Misalkan berdasarkan deadline maupun kemudahan tugas. Selain itu saya juga membuat list apa saja step step yang akan saya lakukan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Menghindari Gangguan

Gangguan memang banyak sekali mulai notifikasi sosial media, teriakan emak atau adek, suara anak-anak dan masih banyak lagi hehe. Kadang saya memilih untuk pindah lokasi belajar ke rumah nenek saya (samping rumah). Karena rumahnya sepi jadi saya bisa lebih fokus dan aman dari gangguan. Selain itu saya juga menggunakan mode pesawat biar gak ada notifikasi yang muncul.

Mengatur Waktu

Pengaturan waktu ini saya menggunakan Aplikasi Goodtime dimana di aplikasi tersebut sudah ada pengaturannya langsung 25 menit untuk fokus belajar dan 5 menit untuk istirahat sehingga saya lebih mudah mengaturnya. Tinggal klik aja kok. Oiya, kalau versi web juga bisa dengan akses https://pomodorocontrol.com/. Disini juga sudah di setting jadi kita tinggal klik aja.

Menyiapkan Minuman

Tak lupa saya juga menyiapkan minuman, air putih. Saya kurang suka kopi dan juga teh. Saya sebenarnya bingung minuman apa yang sekiranya cocok di saya wkwkwk. Kalau jus saya suka tapi ya kali saya minum jus terus. Hadehh. Siapin cemilan juga gapapa tapi kalau saya biasanya pengen ngemil terus jadi saya lebih sering air putih aja.

Nah, itu dia langkah-langkah saya menerapkan teknik pomodoro selama ini. Teman-teman pun juga bisa mencobanya. Saya merekomendasikan teknik ini karena saya sudah merasakannya. Tugas-tugas saya lebih terstruktur dan jadi tahu progresnya apa. Selain itu dengan menggunakan teknik ini saya jadi lebih fokus dengan apa yang saya kerjakan.

Selamat mencoba.


Source: 

https://lifehacker.com/productivity-101-a-primer-to-the-pomodoro-technique-1598992730

0 komentar:

Post a Comment