GOALS

Judul Skripsi Diterima


Malam itu saya tidur lebih awal sehingga saya tidak tahu apa yang terjadi di dunia perwhatsappan. Paginya saya buka grup ternyata ada pengumuman pengajuan judul skripsi. Alhamdulillah judul saya diterima dan tidak ada revisi sehingga saya bisa fokus untuk ke step selanjutnya. 

Saya cerita dari awal dulu aja ya hehe. Sebelumnya perlu diketahui kalau setiap jurusan maupun kampus memiliki teknis dan prosedur yang berbeda jadi apa yang saya tulis disini sekadar sharing aja.

Proses pembuatan matriks pengajuan judul skripsi saya lakukan di pertengahan November ini. Oiya, isi dari matriks berupa kolom-kolom dan isinya mengenai garis besar penelitian yang dilakukan (harus kita isi). Mulai penemuan masalah, fokus masalah, penelitian terdahulu dan hal yang mendasar. 

Matriks setiap jenis penelitian isinya tentu berbeda jadi punya ciri khasnya sendiri. Ada Matriks Kualitatif, Matriks RnD atau Matriks Kuantitatif dan masih banyak lagi. Kita sesuaikan dengan penelitian yang mau kita ambil. 

Ditengah pandemi ini proses pengajuan judul yang saya lakukan tidaklah offline namun online sehingga saya hanya perlu mengupload file matriks pengajuan judul yang sudah selesai. 

Matriks ini berjumlah 2 alias ada 2 judul yang kita ajukan ke pihak jurusan dimana nantinya salah satu judul akan dipilih untuk dilanjutkan ke proposal skripsi. 

Alhamdulillah, 13 November 2020 lalu salah satu judul saya diterima sehingga saya bisa berlanjut ke proposal skripsi. Pembuatan proposal skripsi ini juga harus gercep karena ada deadline pendaftaran seminar/ujian proposal pada tanggal 10 Desember 2020. Jadi masih punya waktu beberapa minggu. 

Setelah matriks pengajuan judul diterima maka selanjutnya pembuatan proposal skripsi dimana isinya adalah BAB I sampai BAB III. Isi dari Bab tersebut yakni Pendahuluan, Landasan Teori dan Metode Penelitian yang dikembangkan tiap subbabnya. 

Setelah proposal skripsi selesai maka selanjutnya adalah cek ulang antara proposal dan matriks, esuai atau belum jika sudah maka digabungkan jadi satu. 

Tak lupa matriks juga ditandatangi dulu oleh mahasiswa, DPA dan Kaprodi kemudian berlanjut ke pendaftaran ujian/seminar proposal skripsi. 

Btw, saat ini saya otw pendaftaran ujian proposal skripsi. Kemungkinan ujiannya sih pertengahan Desember atau akhir desember. Yaa kapanpun itu semoga cepet kelarrr, hehehe. 

Buat teman-teman yang juga skripsian semangat ya. Saya juga skripsian lhoo :p

Magetan, 13 November 2020

0 komentar:

Post a Comment