Dec 23, 2020

Ketika Ujian Proposal Online

Dokumentasi pribadi

Setelah saya daftar ujian proposal beberapa waktu lalu kemudian saya pun mendapat jadwal ujian tepatnya hari ini. Ya, hari ini.

Nggak nyangka sekaligus “masa iya sih” ternyata saya sudah sampai sejauh ini. Malam sebelum ujian saya pun membedah dulu proposal saya, menulis poin penting sekaligus menjawab pertanyaan yang mungkin di tanyakan dosen penguji.

Btw, ujian proposal jurusan saya ini dilakukan secara online dengan waktu hari Selasa dan Rabu (22-23 Desember 2020) sehingga ada yang sudah ujian kemarin dan ada yang baru hari ini. Salah satunya saya.

Pelaksanaan ujian ini dilakukan secara online mulai input proposal sampai ujiannya juga. Sekarang saya mau cerita pengalaman saya ujian aja.

Teknis ujian proposal ini saya harus konfirmasi ke dosen penguji yang akan menguji saya namun sampai hari H pesan WA saya malah belum di balas. Padahal saya sudah WA H-1 sebelumnya, ya apalah daya juga. Akhirnya penguji 2 saya sekitar jam 7 WA untuk persiapan mulai pukul 08.00 – 12.00 untuk melakukan ujian melalui Video Call.

Wah, saya langsung deh siap-siap. Jam 08.00 tepat saya sudah ready  dengan segala properti mulai headset, gadget, tripod dan tentu saja proposalnya. Sambil nunggu VC saya pun baca-baca proposal sampek tak terasa sudah mendekati jam setengah 10 tapi kok ya belum di VC. Hadehh, saya kok mendadak dag dig dug.

Ting ting ting....

Ponsel saya berdering memang sengaja saya deringkan dan ternyata dari dosen penguji. Tapi waktu mau saya angkat eh keburu mati. Yah, saya nunggu lagi sekitar 15 menit baru di VC lagi. Alhamdulillah.

Saya pun berbincang sebentar dengan penguji 2 saya yang nantinya menjadi dosen pembimbing. Beliau ini dosen saya juga waktu kuliah.

Memasuki masa ujian ternyata tak seperti yang saya bayangkan. Saya kira langsung ditanya-tanyain tapi ini beda. Pertama, saya diminta presentasi proposal maksimal 3 menit kemudian tanya jawab dan pemberian feedback.

Alhamdulillah semua berjalan lancar meskipun sebelum presentasi sempat terhenti karen sinyal tapi setelah itu aman.

Weih, ternyata lumayan juga. Saya ujian proposal online ini sekitar 15-20 menit. Nggak kebayang juga sebelumnya bakal ujian kayak gini, via Whatsapp gais, hehe.

Sekarang waktunya revisi dan melangkah ke step selanjutnya.

Semangat buat kalian yang juga skripsiannn.

Share:

0 komentar:

Post a Comment