GOALS

Maaf, Saya Terlambat

Foto oleh Fabrizio Verrecchia di Unsplash


Setiap kelas bisa dipastikan memiliki mahasiswa yang langganan datang terlambat, apalagi kalau kuliah pagi. Di kampus saya kuliah pagi tepatnya jam 7, sedangkan keterlambatan biasanya maksimal 30 menit. Namun masih saja ada yang terlambat melebihi jam tersebut. Alasannya pun banyak, mulai rumah jauh, ban bocor dan masih print tugas (familiarnya begini).

Bicara soal keterlambatan biasanya saya antisipasi dengan prediksi waktu yang saya gunakan. Saya sendiri membutuhkan waktu 45 menit untuk sampai ke kampus namun saya anggap 1 jam untuk sampai ke kampus karena 15 menit saya asumsikan kalau terjadi sesuatu di jalan (ban bocor atau kempes).

Stimulus ini membuat saya otomatis berangkat ke kampus jam 6 pagi. Meskipun pelan-pelan saya juga mulai bandel dengan melebihkannya menjadi 06.15 jadi jam 7 tepat sampai di kampus, hehe. Jangan ditiru karena kadang saya merasa tergesa-gesa. Biasanya saya menggunakan jam segini ketika tidak ada jadwal presentasi.

Memang jarak rumah saya sampai kampus lumayan jauh sehingga  datang tak terlambat sebenarnya ada plus minusnya sendiri. Plusnya saya bisa memilih kursi sesuai kenyamanan dan tidak takut kehabisan kursi sedangkan minusnya kadang kuliah libur. Saya sering kali begini, sudah sampai kampus eh mendadak kuliahnya kosong.  

Btw, teman-teman bisa menggunakan cara seperti saya agar tidak terlambat ke suatu acara atau kuliah. Biasakan untuk memprediksi waktu sampai ke lokasi dan memberikan deadline untuk diri sendiri. Kalau saya tadi memberikan deadline jam 6 pagi sudah berangkat kuliah. 

 

 


0 komentar:

Post a Comment