GOALS

Rekomendasi Aplikasi untuk Mahasiswa

 

Perkembangan teknologi yang semakin luas juga berdampak ke sektor manapun, termasuk pendidikan.

Salah satunya adalah aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan mahasiswa. Mulai mencatat, buat footnote, nyari referensi dan masih banyak lagi. Ternyata dampak teknologi memang nyata. 

Nah, kali ini saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang bermanfaat untuk mahasiswa.

MENDELEY

Aplikasi yang satu ini the best dan mahasiswa wajib tahu nih. Mendeley ini sebuah aplikasi yang mempermudah mahasiswa untuk mencari referensi maupun mencantumkan referensi (daftar pustaka, footnote, endnote,dll).

Caranya cukup mudah dengan download aplikasi di web resminya kemudian instal dan gunakan deh. Oiya, saya juga ada tutorialnya (Cari aja ya hehe).

Selanjutnya kita bisa input file (jurnal/ebook/dll) ke aplikasi Mendeley dan bisa buat daftar pustaka otomatis maupun sitasi otomatis. Bener-bener top. Bermanfaat sekali terutama buat pejuang skripsi gais.

ZOTERO

Tak jauh berbeda dari Mendeley selanjutnya adalah Zotero. Saya kenal aplikasi ini waktu semester awal kuliah, praktik juga di kampus dan sekarang saya kadang menggunakannya. Namun saya lebih suka Mendeley.

Kalau di Zotero harus mengisi data referensinya satu-satu jadi kelamaan sih. Sedangkan di Mendeley itu otomatis data referensi masuk ke aplikasi. Eh tapi ada beberapa juga yang masih keliru.

Jadi, harus didedit dulu. Cuman kalau pemula saya rekomendasikan pakai Zotero dulu.

Lumayan, klik klik otomatis muncul sitasinya. Hehe

GOOGLE DRIVE

Aplikasi buat menyimpan data secara online kalau ini. Biar data kita aman. Apalagi kalau file mendadak hilang, flashdisk hilang yaaa bisa-bisa ngerjain dari awal lagi tugasnya.

Kita bisa sinkronin dulu ke hp atau pc biar file otomatis ke Google Drive. Kelebihannya bisa data apa saja dan kita bisa mengakses atau mendownload data tersebut kapan saja.

Sedangkan kelemahannya mesti online, penyimpanan terbatas (tapi cukuplah kalau hanya file-file biasa, bukan film hehe)

GOOGLE KEEP

Nggak kalah juga dari google drive. Google keep ini juga saya rekomendasikan. Hampir setiap hari saya menggunakan aplikasi ini. Terutama untuk list tugas atau tema ngeblog.

Google keep ini juga ada labelnya jadi bisa dikategorikan gitu. Selain itu, aplikasi ini juga sinkron langsung di laptop.

Jadi, misalkan saya nyimpen di gadget tapi mau buka di laptop juga bisa. Mantaplah. Buat nyimpen gambar atau link juga bisa.

Dengan adanya teknologi kita mesti bisa menggunakannya dengan baik dan memanfaatkan teknologi tersebut. Seperti menggunakan aplikasi diatas. Kita gak perlu ribet lagi mikirin setelah nama, tahun, judul blablabla karena dengan aplikasi semuanya jadi otomatis. Selamat mencoba.

 

 

5 komentar

  1. Wah mantap mbak saya baru tau ternyata ada aplikasi seperti mendeley, bakal sangat berguna untuk saya yang saat ini lagi nyusun skripsi hehe, Eh BTW saya juga bikin artikel yang kurang lebih sama terkait Rekomendasi aplikasi untuk pelajar dan mahasiswa mbak ditunggu kunjungan baliknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe btw saya juga persiapan skripsi. Kayaknya kita satu angkatan wkwkwkw.

      Delete
    2. Wah sepertinya iya mbak, salam kenal.

      Delete