Samakah Jurusan Tadris IPA dan Pendidikan IPA ?

January 27, 2021

Foto oleh airfocus di Unsplash

Halo, sudah lama sekali rasanya gak update blog dan kali ini saya mau bahas soal jurusan saya yaitu “Tadris IPA”.

Pernah denger gak? 

Nggak ya? Hehe.

Karena saya sendiri mengalami kejadian ini beberapa kali, pas ditanya jurusan saya apa dan saya jawab Tadris IPA malah orang itu kayak nggak tahu dan bingung gitu.

Biasanya saya langsung to the poin dengan bilang “Guru IPA atau Pendidikan IPA”. Kalau seperti ini banyak yang paham.

Btw, Tadris IPA dengan Pendidikan IPA sama gak sih?

Sebenarnya ini soal bahasa saja, kalau di kampus islam atau PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) itu menggunakan istilah yang sedikit berbeda dengan PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Di kampus saya (PTKIN seperti STAIN, IAIN, IAIN) menggunakan istilah Tadris yang menunjukkan jurusan kependidikan. Kalau di PTN menggunakan pendidikan.

Selain itu nama fakultas juga beda, di PTKIN fakultas pendidikan itu namanya FATIK (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), sedangkan PTN namanya FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Intinya sama aja antara Tadris atau Pendidikan, hanya namanya saja yang beda.

Kenapa beda?

Beda kampus dan naungan.

Tadris IPA naungannya Kemenag, sedangkan Pendidikan IPA naungannya Kemendikti.

Begitulah ceritanya teman.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Selain itu, dari matakuliah juga agak sedikit beda. Kalo di Tadris IPA ada matakuliah keagamaan islam dari institut. Matakuliah pendidikan dari fakultas dan materi ipa dari jurusan agak sedikit umum karena memang ada ketambahan matakulaih agama. Sedangkan di Pendidikan IPA lebih khusus untuk materi ipa dan kependidikannya serta tidak ada matakulaih agama. Seperti itu sih yang saya tau hehehe.

    ReplyDelete