Tips Mencari Buku Kuliah yang Tepat

January 27, 2021

Photo by Daria Nepriakhina on Unsplash

Buku kuliah memang sebenarnya nggak wajib tapi ya minimal punyalah, jangan blas babar pisan ndak. Ya kali gaes,

Oiya, beberapa dosen biasanya ada yang mewajibkan beli buku tapi ada juga yang nggak. Ngomongin buku kuliah ini saya teringat kemarin ada adik tingkat saya yang menanyakan rekomendasi buku. 

Nah, biar yang lain tahu saya tulis aja di blog, lumayan juga buat ngisi blog ini. Ini soal mencari rekomendasi buku yang tepat sesuai mata kuliah ya. Bukan buku yang saya gunakan tapi malah lebih tepat karena buku ini biasanya jadi referensi dosen.

Tips mencari buku kuliah ini berdasarkan pengalaman dan bisa teman-teman terapkan. Kalau nggak ya gapapa, wong ndak maksa juga,  hehe.

Oke, berikut tipsnya ya

Bacalah RPS

Awal kuliah perdana biasanya tiap dosen ngasih RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang isinya sesuai namanya yaitu rencana pembelajaran selama satu semester itu.

Biasanya isinya mulai pertemuan 1-14 itu ngapain aja, kegiatannya apa, materinya apa dan referensinya dari buku apa.

Nah, di situlah kamu bisa tahu buku-buku rekomendasi bahkan sesuai podo plek alias sama persis yang digunakan oleh dosen.

List Judul dan Penulis

Setelah mengetahui buku-buku tersebut selanjutnya ditulis atau dicatat di kertas atau gadget dengan nama buku dan penulisnya. 

Jangan lupa sekalian catat penerbitnya.

Cari Buku

Yap, selanjutnya cari buku itu bisa di google atau di perpustakaan. Untuk apa? Untuk mengetahui identitas buku seperti daftar isinya apa, apakah memuat banyak materi ataukah tidak.

Ini bisa menjadi pertimbangan kamu. Misalkan, buku A memuat 1 materi saja, sedangkan buku B memuat 3 materi. Kalau begini ya pilih B aja.

Beli Buku

Opsi juga, selanjutnya kamu bisa beli bukunya. Sebelum itu bisa cek dulu di online shop seperti shoppe, bukalapak, tokopedia (sebut brand hehe). Biasanya online shop lebih murah dibandingkan toko biasa.

Mau lebih murah?

Tunggu pas hari tertentu atau pas ada bazar di kampus.

Lumayan, hehe.

Segini dulu tipsnya, semoga bermanfaat dan semangat ya yang kuliah, kerja dan yang disana. 

 

 

 

You Might Also Like

2 komentar