GOALS

Tips Mendapatkan Beasiswa

Foto oleh Leon Wu di Unsplash

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan email dari salah satu siswa SMA yang isinya menanyakan soal tips dan trik saya dalam mendapatkan beasiswa. Oleh sebab itulah saya mau menuliskan hal ini di blog saya agar siapapun bisa membacanya.

Dokumentasi pribadi

Baik, langsung saja jadi saya adalah penerima beasiswa Bidikmisi angkatan 2017. Sebelum resmi mendapatkan beasiswa ini tentunya banyak tahap yang harus saya lalui, seperti seleksi administrasi, tes tulis dan lain sebagainya. 

Saya tidak akan menjelaskan spesifiknya karena beasiswa ini telah berubah menjadi beasiswa KIP-Kuliah dan kebijakan maupun prosesnya pun berbeda dengan zaman saya, hehe. Dengan demikian tips yang saya berikan ini sifatnya umum dan berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Beberapa tips yang saya berikan untuk mendapatkan beasiswa yakni sebagai berikut. 

1. Carilah informasi sebanyak-banyaknya soal beasiswa. Bagaimana mencarinya? Mudah sekali. Kamu bisa follow akun-akun yang menginformasikan soal beasiswa. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti hashtag informasi beasiswa terutama di Instagram. Jika menemukan informasi beasiswa maka kumpulkan informasi tersebut. Mulailah belajar menjemput bola, bukan menunggu bola dari orang lain. Kamu harus aktif untuk mencari informasi.

2. Catatlah informasi di buku khusus beasiswa. Buatlah list syaratnya apa, prosesnya bagaimana, waktunya kapan. Kamu harus tahu semuanya. Saya dulu mencatat di kalender gadget dan di buku.

   3. Mulailah memilih beasiswa yang cocok dan lengkapi semua persyaratannya. Biasanya ada persyaratan khusus dan umum. Persyaratan khusus ini yang kadang memerlukan waktu dan tenaga kita, seperti nyari tanda-tangan atau melengkapi dokumen. Disinilah kesabaran kita bakal diuji tapi tetep semangat dan tanamkan ke diri sendiri kalau kita harus mencoba peluang yang ada. Kita tidak tahu hasilnya kalau kita tidak mencoba.

   4. Daftarlah jauh-jauh hari karena biasanya kalau mepet deadline maka sulit mengaksesnya. Jadi, persiapkan persyaratan lebih awal agar bisa daftar lebih awal juga.

  5. Berdoa dan mintalah restu kepada orang tua dan keluarga lainnya.

    Nah, demikianlah tips yang dapat saya sampaikan semoga bisa membantu. Semangat!!

4 komentar

  1. Informasi yang sangat bermanfaat banget nih terutama tips"nya

    ReplyDelete
  2. Makasih kak kebetulan saya juga sedang berjuang dapetin beasiswa wkwkw. Saya juga suka gaya tulisan kaka. asik gitu dan nggak bosenin. Makasih kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semangat kak, terima kasih sudah mampir :)

      Delete