Pengalaman Lolos Beasiswa Akademi Ruangguru

February 03, 2021

Twitter @ruangguru


Halo semuanya, kali ini saya mau sharing pengalaman saya mulai daftar sampai lolos beasiswa dari ruangguru ini. Seperti apa ceritanya? 

Seperti ini, wkwkw

Sebelum adanya Beasiswa Akademik sebenarnya Ruangguru sudah lebih dulu membuka beasiswa lain tapi sayangnya saya nggak tahu. Saya nggak tahu ini karena jarang update sebab saat itu masih detok instagram dan linkedin, sekitar bulan Desember. Namun di Januari saya buka aplikasi itu kembali dan mendapatkan informasi soal beasiswa Akademi Ruangguru. Sekilas akan sedikit saya jelaskan soal beasiswa ini.

Apa itu Beasiswa Akademi Ruangguru?

Beasiswa Akademi Ruangguru merupakan program pembelajaran intensif berbasis online untuk mempersiapkan para lulusan dari perguruan tinggi memiliki bekal dalam memasuki dunia kerja. Layanan yang diberikan adalah akses gratis terhadap aplikasi Skill Academy dan grup chat diskusi bersama para tutor online kurang lebih selama 3 bulan. Program ini berfokus pada peningkatan kapasitas diri dalam mempersiapkan persaingan dunia kerja yang ketat.

Nah, dari sini kita bisa lihat kalau beasiswa ini cocok buat kita yang masih kuliah meskipun yang sudah lulus juga bisa daftar. Fokusnya lebih ke pengembangan diri dan persiapan kerja. 

Apa saja benefitnya

Benefit ini tertera di pamfletnya yaitu Akses Skill Academy, Kelas Diskusi Mingguan, Konseling Personal, Info Lowongan Kerja dan Webinar dengan para expert. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan 2x pertemuan online tiap minggunya.

Singkatnya awal pendaftaran saya mengisi formulir secara online. Beberapa diantaranya mengisi identita, latar belakang, kesibukan, IPK, pengalaman organisasi, pengalaman magang atau kerja dan apa target setelahnya.  Sebenarnya masih banyak tapi saya agak lupa. 

Selain itu persyaratan lain yang saya ingat adalah melampirkan CV. Setelah saya mengisi formulir pendaftaran dan upload CV maka selanjutnya disubmit dan tinggal menunggu pengumuman yang tidak saya ketahui tanggal berapa karena dipamflet memang tidak ada. Adanya hanya deadline pendaftaran 31 Januari. Asumsi saya ya diumumkan bulan Februari tapi nggak tahu kapan tanggalnya. 

Ternyata oh ternyata pengumuman dilakukan di hari Selasa, 2 Februari 2021. Saat itu saya kaget kok ada WA masuk trus tulisannya selamat kayak gini. Heehe,

Dokumen pribadi

Pengumuman diberitahukan via WA dan resmi dari Ruangguru.

Setelah dapat pengumuman lolos kemudian saya diminta untuk mengisi survei kayak kepribadian gitu dan banyak banget. Mungkin sekitar 50 item harus saya isi, tinggal klik doang sih tapi lumayan banyak. 

Setelah itu saya memilih online course (kursus online) sesuai minat atau kebutuhan saya. Sayang sekali hanya diminta milih satu wkwwk. Kemudian submit dan ya sudah tinggal menunggu step berikutnya.

Jadi penasaran setelah ini apa, hehe. 

Oiya, kalau kamu pengen beasiswa ini bisa daftar di Batch 2 yang akan dibuka bulan Februari. Tungguin aja informasinya di Instagram atau LinkedIn. Selamat mencoba!

FAQ lebih lanjut soal Beasiswa ini bisa kalian lihat disini


        


You Might Also Like

2 komentar

  1. Halo kak, mau tanya dong. Sewaktu kakak menjalani pelatihan itu, pertemuan onlinenya dilakukan jam berapa ya kalau boleh tau? Apakah pada saat jam kerja? atau malam hari? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, pertemuan tiap senin dan rabu jam 7-9 malam kak (via grup/gmeet)

      Delete