Mar 13, 2021

Mengurangi Distraksi



Pinterest

Beberapa hari yang lalu saya menemukan kutipan begini

Kamu tidak butuh waktu yang banyak, kamu hanya butuh fokus 

Hal ini memang ada benarnya juga. Saya kerap kali tidak fokus dengan apa yang saya kerjakan karena saya terdistraksi berbagai hal. Terutama sosial media. Ini saya sadari akhir tahun lalu sampai akhirnya saya memutuskan menghapus aplikasi sosial media kecuali Instagram. Kenapa? Karena saya mengelola akun dengan followers yang lumayan (bukan akun pribadi). 

Di tahun sebelumnya saya juga sudah meninggalkan Facebook. Lebih tepatnya saya nonaktifkan, sedangkan akun yang masih aktif tinggal Twitter, Quora dan Instagram. 

Ternyata hasilnya cukup baik alias lebuh fokus. 

Saya memang masih bisa mengakses akun saya tapi melalui browser yang tampilannya kurang nyaman, kadang loading dan membuat saya malas membuka akun saya. Inilah tujuan saya, biar gak sering buka sosial media. 

Selain itu, saya juga memprioritaskan aplikasi tertentu yang tidak bisa saya hapus dari handphone saya. 

Cara saya yaitu menaruhnya di home screen, misalnya Whatsapp, Gmail, Evernote, Google Keep, Chrome, dll. Tidak banyak tapi inilah aplikasi yang sering saya gunakan. 

Agar lebih fokus dan tidak terganggu dengan lingkungan sekitar kita memang harus mengetahui apa yang membuat kita tidak fokus. Misalnya notifikasi sosial media. 

Saya sendiri mematikan notifikasi grup WA, email, mute status dan men-silent handphone. Tapi memang jarang juga saya mengaktifkan nada tertentu.

Semua saya lakukan supaya bisa fokus karena kadang notifikasi membuat perhatian kita fokus padanya. Pengen lihat notifikasi, lihat selanjutnya, selanjutanya. Apalagi kalau pas lihat youtube. Video yang kita sukai nggak akan ada habisnya. 

Kita memang perlu mengontrol diri, bukan dikontrol oleh teknologi.
Kesadaran penuh dalam bersosial media juga penting agar waktu dan perhatian kita tidak terus menerus di depan layar kaca. Kita juga perlu memberikan perhatian kita untuk tugas yang lebih penting. 



Share:

0 komentar:

Post a Comment