Mar 16, 2021

What is Productivity ?


Pinterest

Entah hanya saya atau kamu juga merasakan tapi pandemi ini seolah membuat kita jadi berlomba untuk produktif, melakukan ini itu yang kadang kita nggak tahu tujuannya apa. Iya, apa tujuan kita melakukannya ?

Sisi lain kita kadang terjebak dengan kutipan "Kesempatan tidak datang dua kali". Hal ini membuat kita kadang sibuk dan tidak tahu sebenarnya mengapa kita melakukannya.

Apa iya kita harus produktif setiap hari?

Tapi sebelumnya kita bahas dulu sebenarnya mengenai produktivitas.

APA ITU PRODUKTIFIVITAS?

Saya akan mengambil definisi dari James Clear penulis buku best seller "Atomic Habits".

Productivity is a measure of efficiency of a person completing a task
Produktivitas bukan soal banyaknya tugas yang kita selesaikan akan tetapi mengenai tugas penting yang selesai dan dilakukan secara konsisten.

Saya jadi inget tweet seseorang pagi ini. Begini tweetnya

Skripsi nggak harus selesai sekarang tapi yang penting memiliki progres setiap harinya
Iya juga kan ya. Saya juga mengalaminya. Saat mengerjakan skripsi kadang saya pengen cepet dan cepet selesai sekian subbab namun hasilnya kegiatan saya yang lain malah jadi berantakan. Hadeh,
CARA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

Bicara mengenai produktivitas sebenarnya saya sampai sekarang pun masih belajar dan mencoba berbagai metode yang pas untuk saya. Berikut beberapa metode yang biasanya saya terapkan

Task Oriented, Bukan Time Oriented
Sebenarnya ini tergantung cocok tidak kamu menggunakan metode ini. Tapi kalau saya lebih cocok menggunakan task oriented.

Task oriented merupakan metode mengerjakan tugas yang fokus pada tugasnya, sedangkan time oriented fokus pada waktu.

Misalnya kalau task oriented itu saya harus menguasai bab A, B dan C dalam seminggu dan waktunya bebas. Sedangkan kalau time oriented itu saya jam 08.00 s.d. 10.00 belajar bab A, 13.00 s.d. 15.00 belajar bab B begitu.

Mungkin kamu juga pernah menggunakan metode ini. Kalau belum kamu bisa mencobanya dan kamu evaluasi mana yang cocok untukmu.

Membuat To Do List
To do list merupakan sebuah daftar kegiatan atau tugas yang kamu lakukan setiap hari. Hal ini akan membuat kegiatan kita setiap hari sistematis, tahu mau ngapain dan hasilnya pun bisa kita lihat.

Kamu bisa membuatnya saat malam hari misalnya 5 tugas yang harus kamu kerjakan besok. Misalnya,

To Do List
1. Ke kampus
2. Membuat Artikel
3. Beli Buku
4. Ngeles Privat

Saya sendiri sudah mencobanya dan menurut saya efektif karena kita jadi tahu apa yang mau dilakukan dan mengurangi penundaan.

Desain Tempat Belajar

Kalau ini belum lama juga. Sebelumnya saya belajar di kamar dengan meja kecil itu tapi rasanya punggung capek dan sering sekali saya ketiduran karena kalay istirahat saya biasanya rebahan di kasur, wkwk.

Tapi sekarang tidak lagi. Biar gak ketiduran ternyata kita cukup mendesain tempat yang sesuai untuk belajar.

Kalau saya belajar hanya di meja belajar (meja tinggi). Secara tidak langsung otak merespon kalau "ini waktunya belajar". Beda kalau di kasur, otak responnya ya "ini waktunya tidur".

Mengurangi Distraksi

Terakhir yaitu mengurangi distraksi atau gangguan yang biasanya muncul saat kita melakukan tugas.

Saya sendiri biasanya adalah internet, sosial media dan handphone. Beberapa cara untuk meminimalisirnya sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Namun gangguan lain seperti handphone ini biasanya saya taruh di luar kamar. Biar tidak buka hp dan fokus dengan apa yang saya kerjakan.

Untuk melatih produktivitas kita memang perlu belajar secara konsisten dan menemukan formula yang pas untuk diri kita.

Jawaban apakah harus produktif setiap hari tentunya tidak. Sepakat dengan James Clear, produktif itu melakukan hal yang penting dan rebahan pun juga penting sebab kita perlu mengistirahatkan tubuh kita. Tapi ya jangan rebahan melulu yak, hehe.



Share:

0 komentar:

Post a Comment