Apr 11, 2021

5 Cara Agar Kamu Semakin Penat

Abbie Bernet on Unsplash

Menurut KBBI, penat adalah perasaan letih setelah melakukan pekerjaan atau kegiatan lain. Bisa dibilang rasa capek karena kita telah mengeluarkan banyak energi untuk apa yang kita lakukan. 

Setiap kita pasti pernah merasa penat. Setelah mengerjakan banyak tugas, kerjaan atau deadline lain yang terus menghantui.

Saya sendiri juga kerap merasa penat terutama saat kuliah di semester pertengahan. Rasanya capek sekali, tugas jalan, organisasi jalan, komunitas jalan. Banyak sekali yang membuat saya semakin penat. Tapi saya selalu kembali merefleksikan diri. 

Bukankah ini pilihan saya? 

Ya, ada benarnya juga. Sesekali penat memang tak apa dan pelan-pelan saya belajar mengatasinya. 

Oiya, tulisan kali ini saya tidak akan memberikan tips mengatasi kepenatan tapi justru sebaliknya. Saya akan memberikan cara agar kita lebih penat, jika ingin hehe. Beberapa diantaranya saya belajar dari pengalaman saya sendiri. 

SELALU BILANG "IYA"

Tidak salah lagi, selalu katakan "iya" kepada semua tawaran yang diberikan oleh kita. Jangan mengatakan "tidak" karena akan melewatkan kesempatan untuk sibuk. Jawablah "iya" dan "iya" sampai tidak enak untuk bilang "tidak" apalagi sampai orang lain jadi seenaknya sendiri. Perpaduan yang pas.  Lambat laun, kita akan semakin penat. Energi terkuras, baik fisik maupun emosi. 

TIDAK MEMILIKI BATASAN

Benar, tidak perlu memiliki batasan dalam melakukan apapun. Lakukan semuanya dengan senang hati. Entah kerjaan kita atau bukan, entah mampu atau tidak, kerjakan saja. Lama-lama terbiasa dan penat akan langsung menyapa. 

BERLOMBA PRODUKTIF

Semua terus berlomba untuk produktif. Anggaplah semua orang berlari dan berlari. Kita tertinggal. Kita harus produktif kapanpun, tidak perlu rebahan. Produktif dan produktif. Ikuti seminar, webinar dan apapun hal yang bermanfaat sampai kita merasa penat.

WEEKEND TETAP KERJA

Sabtu dan minggu tetap gunakan untuk mengerjakan sesuatu. Jangan sampai berdiam diri, gunakan waktu sebaik mungkin. Saat orang lain liburan, kita harus kerja. Iya, kerja saat weekend. 

KURANGI JAM TIDUR

Malam membuat kita lebih fokus. Kurangi waktu tidur karena kita harus produktif di malam hari. Jangan lengah, begadang boleh saja terutama untuk menuntaskan pekerjaan kita. Kerja, kerja dan kerja. 

Nah, itu dulu cara agar kita semakin penat. Kepenatan pada dasarnya adalah respon dari tubuh alias sinyal kalau tubuh juga ingin istirahat, tubuh juga ingin dipahami dan kitalah yang memahami hal tersebut. Tapi, kalau mencoba agar lebih penat bisa menggunakan cara-cara yang telah saya tuliskan. 

Selamat mencoba :D

Share:

6 comments:

  1. Hai kak, salam kenal. Ngomongin masalah penat, kalau saya, setelah penat berkepanjangan, biasanya langsung bad mood. Dan kalau udah bad mood, seharian itu sebel aja bawaannya. Alhasil, saya jadi ketus kalo diajak ngomong orang lain. Cara merespon rasa penat yang baik ini masih jadi PR saya banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga kak
      Wah, sama juga. Saya juga seperti itu kalau penatnya berkepanjangan. Btw, kalau saya mengatasi kepenatan dengan istirahat lebih banyak atau seharian melakukan hal yang fun (nonton film, ngemil kesukaan, dll). Hehe

      Delete
  2. Aku hampir sering nih kak mengalami penat. Dan semua faktornya itu emg yg menjadi penyebabnya... Lalu nanti apapun yg dilakukan bawaannya pengen marah aja, tapi skrg aku udh memahami keadaan tubuh jadi gak begitu memforsir semuanya

    Salam kenal ya kak, kenalin aku Ulfah😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kak, penting sekali untuk mengistirahatkan tubuh, hehe. Salam kenal kembali kak.

      Delete