Apr 18, 2021

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Mahasiswa Baru

Sebagai mahasiswa akhir tentunya saya sudah melewati manis pahitnya kampus dan kali ini saya akan membagikan kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa baru. 

Berikut 6 kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa baru. 

Tidak Eksplore Kampus

Pertama dan yang utama adalah kampus itu sendiri. Saya asumsikan kamu sudah diterima di kampus. Langkah pertamanya adalah eksplore kampus mulai ruangan dan fasilitas yang tersedia. 

Ruangan ini penting karena perkuliahan dilaksanakan di berbagai ruangan dan pindah-pindah. Beberapa kampus dalam satu gedung tapi kampus lain juga ada yang pindah gedung. Jadi kita mesti tahu dan hafal ruangan yang sering digunakan. Ini dilakukan untuk mempermudah kita agar cepat sampai ke ruangan. 

Eliabe Costa on Unsplash

Selain itu, fasilitas seperti email kampus, akses perpustakaan, kartu perpus atau hal lain juga penting dan lagi-lagi digunakan untuk mempermudah kita saat perkuliahan. Kalau nggak eksplore ya nggak tahu dong ya~

Tidak Mengenal Kating

Kating atau kakak tingkat tentunya memiliki pengalaman perkuliahan yang lebih banyak dari kita. Selain kuliahnya duluan, mereka pasti punya tips dan trik tertentu. Ya kayak yang saya tulis ini, hehe. 

Mengenal kating dan membangun relasi akan mempermudah kita untuk menanyakan soal kampus dan bagaimana mereka melaluinya. Misalnya pengalaman dan kita bisa belajar dari pengalaman tersebut. 

Kating pun juga akan terbantu karena biasanya membutuhkan responden untuk penelitian dan kita bisa membantu mereka.

Jarang ke Perpustakaan

Setiap kampus pasti memiliki perpustakaan dan disinilah tempatnya referensi yang mendukung kuliah kamu. Perpustakaan sendiri juga punya sistem tertentu misal dari segi peminjaman atau aturannya. 

Jangan sampai kamu tidak pernah ke perpustakaan. Perpustakaan menyediakan buku-buku yang diatur dalam rak sehingga kita harus tahu. Selain itu, tempat di perpustakaan juga bisa menjadi opsi untuk mengerjakan tugas kuliah. 

Yang jelas kunjungilah perpustakaan minimal sekali lah dalam sebulan. Hehe~

Salah Ruangan

Berikutnya salah ruangan. Kesalahan salah ruangan sering terjadi ketika buru-buru ke kampus dan tidak membaca jadwal. Nyampek kampus malah masuk ke ruangan kelas lain. Jadinya kan malu sendiri, hehe. 

Kamu bisa mencatat jadwal baik di hp maupun di rumah agar ingat nama ruangan. Jangan sampai salah ruangan apalagi salah gedungnya. Duh,

Tidak Menulis Deadline

Kuliah tidak lepas sama yang namanya tugas. Tugas ini tergantung jurusan kamu apa. Biasanya paling tugasnya membuat artikel ilmiah, makalah, ppt, video atau project. Setiap tugas selalu memiliki deadline dan kamu harus mengingatnya. 

Biar gak lupa usahakan menulis deadline tersebut. Entah di hp atau di sticky note atau kertas biasa. Jangan sampai lupa deadline karena berujung pada kurang maksimalnya mengerjakan tugas tersebut. 

Chat Dosen Tanpa Etika

Banyak banget komentar dosen mengenai mahasiswa baru saat pertama kali chat dosen. Umumnya mereka akan langsung chat to the poin maksudnya apa dan banyak hal yang mereka lewatkan. Misalnya nama, jurusan, angkatan, ucapan terima kasih dan salam.

Tiap dosen memang punya karakter yang berbeda namun usahakan kamu tetap sopan saat chat beliau. Seperti tidak chat saat malam hari atau weekend dan melampirkan identitas yang jelas saat chat. 

Nah, beberapa kesalahan tersebut bisa kamu antisipasi mulai saat ini. Kesalahan yang saya tuliskan diatas berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman saya. Saya dulu sempat salah ruangan saat di kampus. Semoga tidak terjadi pada kamu~

Share:

10 comments:

  1. jadi kangen masa-masa kuliah deh 😆
    aku sih dulu yang nyeselnya nggak begitu kenal kating dan teman jruusan lain
    tahunya temen seangkatan doang haha
    kalo ke perpustaakaan sih sering, tapi buat ngadem hihi

    salam kenal yaaa 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali

      Saya kadang juga ke perpus buat ngadem, hehe~

      Delete
  2. Kalau soal salah masuk ruangan udah sering pake banget karena tiap berganti mata kuliah berganti pula kelas dan temannya, maklum mahasiswa kelas karyawan, boro-boro untuk mengeksplore semua ruangan di kampus, dateng ke kampus aja seminggu sekali. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah temennya bisa ganti-ganti dan banyak berarti, hehe.

      Delete
  3. Hai kak, salam kenal ya. Perkenalkan nama saya Izzuddin, saya anak baru di 1M1C 😊

    Benar banget kak! Bagi saya, masa-masa kuliah adalah masa-masa golden age yang justru saya bisa melejit dalam banyak hal. Jadi kangen masa kuliah lagi 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, salam kenal kembali. Saya Latifa.

      Setuju saya. Kuliah memang waktu yang pas buat eksplore hal apa aja. Terutama belajar banyak skill dan main kesana sini,wkwk

      Delete
  4. Chat ke dosen nih. Ywng sering kadang bikin ngeri.
    Aku sering beberapa kali cek dulu sebelum kirim. "ini udah sopan ayau belum yaa?" 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk bener banget. Saya kadang juga begitu. Mesti menentukan kalimat dan waktu yang tepat wkwk

      Delete
  5. Kalo aku yang yang sering aku lakuin ialah jarang ke perpustakaan hehe, entah kenapa rasanya sangat berat untuk melangkahkan kaki ke perpustakaan. sekalinya keperpustakaan palingan cuman wifian untuk download film dan main game, dasar aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, memanfaatkan fasilitas wifi kampus dengan baik :D

      Delete