Apr 4, 2021

Tes TOEFL UPB IAIN Ponorogo

 

Dokumentasi pribadi

Rasanya bingung mau menulis dari mana karena banyak sekali yang ingin saya ceritakan. Terutama mengenai masa-masa skripsi ini. Namun saya putuskan untuk memilih tes toefl ini aja, hehe. Bulan lalu saya mengikuti tes toefl yang wajib bagi mahasiswa semester 8 karena untuk persyaratan sidang skripsi. Meskipun pandemi ternyata tes toefl ini dilaksanakan secara offline dan datang ke kampus.

Oiya, teknis pendaftarannya melalui google form dan sebelumnya ada pengumuman mengenai tes toefl ini melalui WA. Informasi lain juga bisa dilihat di website UPB IAIN Ponorogo. Setelah itu saya langsung isi formulir dan menunggu jadwal tes toefl. Beberapa hari kemudian jadwal sudah keluar yakni berupa nama mahasiswa, jurusan, kode, waktu tes dan ruangan.

Hari tes pun tiba kemudian saya mempersiapkan keperluan seperti alat tulis. Tes toefl sendiri menggunakan PBT alias Paper Based Tes yakni dengan kertas. Jadi, kurang lebih seperti ujian kayak gitu. Adapun untuk soal yang seperti tes toefl biasanya dengan kategori Listening, Structure dan Reading.

Untuk rinciannya

Listening = 50 soal

Structure = 40 soal

Reading = 50 soal

Total soal 140 dan dikerjakan selama 115 menit

Prosesnya 35 menit pertama untuk mengerjakan listening dengan mendengarkan audio melalui speaker. Ini gak bisa diulang jadi audionya jalan terus sampai selesai. Selanjutnya baru mengerjakan structure dan reading.

Kita juga harus menghafal kode tes yang digunakan untuk mengambil sertifikat. Kode ini terletak di pengumuman jadwal dan harus dicantumkan di lembar jawaban. Jangan sampai lupa.

Nah, segini aja pengalaman tes toefl saya bulan lalu. Bulan ini tepatnya sehari lagi saya ada tes BTQPI (Baca Tulis Alquran dan Praktik Ibadah). Minggu lalu sosialisasinya dan minggu ini praktiknya. Masih belum dijelaskan sih bagaimana teknisnya tapi semoga lancar dan bisa lanjut ke next step yakni sidang skripsi. Aamiin. Semangat buat kalian!

Fyi, seperti di banner pada gambar kalau kampus tidak hanya menyelenggarakan tes toefl namun juga tes toafl. Nah, berdasarkan pengumuman ternyata boleh milih salah satu atau dua-duanya. Kalau saya sendiri hanya memilih yang toefl. 


Share:

0 komentar:

Post a Comment