Jun 15, 2021

The STIC Framework: Belajar Jadi Lebih Efektif


Avel Chuklanov on Unsplash

Metode STIC?
Belum lama saya mengetahui metode belajar efektif ini. Btw, STIC ini dipopulerkan oleh AliAbdaal, seorang youtuber, podcaster dan dokter lulusan Cambridge University.

Bicara soal belajar efektif adalah impian semua pelajar. Kalau ditanya bagaimana metode belajar saya paling ya saya jawab dengan mengajarkan kembali materi ke orang lain. Karena sejauh ini, ya inilah yang efektif untuk saya.

Sayangnya saya berhenti disitu, saya tidak mengulik lagi metode apa di luar sana yang bisa saya coba. Sampai akhirnya menemukan metode STIC ini. Jadi, tunggu apalagi ayo kita pelajari metode ini bersama.

STIC terdiri dari 4 komponen yang dapat kita lakukan untuk belajar hal apapun. Berikut penjelasannya dimulai dari testing.

Testing

Test atau melakukan pengujian untuk diri kita sendiri. Pengujian ini untuk mengetahui seberapa jauh yang kita bisa kerjakan atau ketahui mengenai suatu materi.

Caranya dengan mengerjakan soal atau test mengenai materi. Misalnya, jika saya ingin belajar toefl maka saya coba untuk test toefl atau soal toefl. Kemudian analisis bagian mana yang salah dan benar lalu belajar dari hasil tersebut.

Kita biasanya menyebutnya pre test. Namun kita juga bisa melakukan post test setelah belajar. Jadi pre test dan post test.

Spacing

Mudahnya kita memberikan jarak setiap mempelajari materi agar materi yang kita pelajari tidak masuk ke memori jangka pendek. Caranya dengan memadukan pelajaran misalnya sehari belajar A dan B kemudian melakukan review. Bukan sehari hanya belajar A saja. Dengan demikian kita perlu membuat jadwal yang cocok untuk diri kita.

Categorizing

Metode ini dilakukan dengan mengkategorikan suatu hal. Mungkin ini tidak asing lagi. Misalnya kategori tumbuhan monokotil dan dikotil lalu perbedaannya apa atau ciri khasnya apa.

Kategorisasi ini membuat kita mudah mengingat materi karena kecenderungan otak untuk mengelompokkan dan mengkategorikan informasi.

Caranya dapat kita lakukan dengan membuat bagan atau mind mapping.

Interleaving

Interleaving ini dilakukan dengan mengerjakan soal latihan yang memuat materi yang berbeda. Misalnya dalam soal TOEFL tidak hanya yang bagian listening tapi juga structure dan reading.

Perbedaan jenis soal dan materi ini akan membuat kita menyelesaikan soal dengan cara yang berbeda dan memembuat nilai jadi lebih baik. Memang terlihat sulit namun waktu yang kita gunakan sangat produktif dengan mengerjakan hal tersebut.

Nah, sekian dulu untuk pembahasan metode STIC ini. Gambaran utamanya adalah mengerjakan latihan soal sebelum belajar, memberikan jarak  setelah belajar, melakukan pengelompokkan dan mengerjakan latihan soal dari berbagai topik. Sekian, selamat mencoba.

Sumber: https://aliabdaal.com/stic-framework/

# BelajarApaHariIni

Share:

0 komentar:

Post a Comment