Jun 12, 2021

Tips Menemukan Topik Penelitian


Photo by Andisheh A on Unsplash

Selama beberapa hari kedepan tulisan di blog saya akan dominan mengenai dunia skripsi. Iya, skripsi yang menjadi momok bagi mahasiswa akhir, hehe. Tapi jangan khawatir, kita pasti bisa melalui skripsi ini.

Skripsi merupakan karya ilmiah yang dihasilkan dari proses penelitian sebagai tugas akhir untuk mendapatkan gelar sarjana. Kalau S2 namanya tesis, sedangkan S3 namanya disertasi.

Langkah pertama dalam pembuatan skripsi adalah menentukan topik penelitian kemudian ke judul. Topik penelitian adalah materi apa yang dibahas di penelitian tersebut.

Nah, dalam tulisan kali ini saya akan memberikan tips untuk menemukan topik penelitian.

Identifikasi Topik yang Kita Sukai

Tips yang pertama ini berkaitan dengan diri kita sendiri. Terutama dalam mengidentifikasi apa yang kita sukai dan tida kita sukai pada topik di jurusan kita. Kalau kamu meneliti topik yang kamu sukai pastinya akan lebih fun dalam mengerjakan skripsi kamu.

Jadi coba tanyakan ke diri sendiri topik apa yang kamu sukai. Apakah tentang literasil, teknologi atau hal lain lalu kembangkan dengan membaca penelitian terdahulu. Sesuaikan juga dengan jurusan kita.

Misalnya,

Jurusan saya      : Pendidikan IPA

Topik                 : Literasi Sains          

Membaca Skripsi Kating di Perpustakaan

Kedua ini harus banget. Apalagi kalau kita di jurusan yang masih baru. Skripsi kating bisa menjadi gambaran dan membuka wawasan kita untuk meneliti apa. Biasanya skripsi tersebut hanya sampai daftar pustaka, tidak lampiran. Lampiran ini bisa kita tanyakan ke kakak tingkat yang bersangkutan. Kalau masih ada sih, hehe.

Coba juga mencari skripsi kating yang pembimbingnya sama dengan pembimbing kamu agar tahu bagaimana polanya. Pola dalam artian bentuk skripsinya bagaimana secara substansi. Biasanya tiap dosen pembimbing itu beda.

Oiya, saat membaca skripsi kating tersebut coba identifikasi bagian mana yang kurang atau saran yang diberikan oleh kating. Saran ini terletak di BAB VI setelah kesimpulan. Disitu terkadang penulis memberikan saran untuk peneliti selanjutnya.

Membaca Jurnal Secara Online

Belum cukup skripsi maka cobalah membaca jurnal. Wajib banget. Jurnal adalah kumpulan dari artikel ilmiah yang membahas suatu topik. Caranya adalah kunjungi website penyedia jurnal yang sesuai jurusan kamu atau database jurnal. Maksudnya, jangan cari jurnal di google tapi di google scholar atau sciencedirect atau yang lain. Bisa juga, kamu mengakses jurnal internasional atau universitas yang ternama.

Identifikasi setiap jurnal, lakukan dengan konsisten kemudian lihat apa yang kurang atau topik apa yang menarik. Jangan lupa juga untuk melihat saran di bagian setelah kesimpulan. Hampir sama seperti di skripsi. Penulis artikel tersebut akan memberikan saran atau rekomendasi untuk penelitian berikutnya.

Itulah tips dalam menemukan topik penelitian yang bisa kamu coba. Kalau kamu punya tips lain jangan luopa berbagi di kolom komentar ya.

Semangat pejuang skripsi!

Share:

0 komentar:

Post a Comment