Aug 7, 2021

Aristoteles dan Bahagia

Catalin Pop on Unsplash


Kapan kamu bahagia?

Apa yang membuatmu bahagia?

Mengapa kamu bahagia?

Tiga pertanyaan ini terlihat mudah tapi jawabnya ya kadang butuh sekian detik. Saya sendiri pernah menanyakannya ke teman saya dan dia menjawabnya juga tidak langsung. Ada jeda. Mayoritas menjawab hidup sejahtera, tinggal bersama keluarga, bisa main kemana-mana, dst.

Saya menulis ini berangkat dari kutipan "Beli pengalaman, bukan barang"

Waktu hp saya baru rasanya saya senang sekali. Tapi hal ini tidak bertahan lama, dua atau tiga hari ya biasa saja.

Waktu laptop saya baru juga sama. Awalnya senang sekali, play lagu, video, film tapi tak bertahan lama. Beberapa hari kemudian ya biasa aja.

Tapi mengapa bisa begitu?

Kenapa bahagia saya hanya sementara?

Hari ini saya menemukan jawabannya. Jawaban ini diambil dari konsep bahagia Aristoteles yang terbagi menjadi 4 tingkatan.

Tingkatan tersebut adalah Leatus (kebahagiaan material), Felix (kebahagiaan ego), Baeitudo (kebahagiaan dari berbuat baik) , Sublime Baeitudo (kebahagiaan sempurna). 

Kebahagiaan ketika saya membeli gadget dan laptop itu termasuk Leatus yaitu kebahagiaan material dan hanya bersifat sementara. Itu sebabnya saya merasa biasa saja ketika sudah 2 atau 4 hari setelah membelinya.

Jika kita tidak menyadarinya maka bisa jadi kita terjebak di kebahagiaan ini. Kita hanya membeli barang-bahagia-pudar-beli lagi. Begitu seterusnya.

Berbeda jika kita membeli pengalaman, nonton bareng teman, pergi ke gunung, piknik atau solo traveling.  Pengalaman menyenangkan itu akan selalu kita ingat dan bermakna. 





Share:

2 comments:

  1. Wah ifa tulisannya jadi berfilsafat yah hehe... Iya juga yah sy jd sadar juga klo beli barang, suka banget kepoin di internet pas udah dapet ehh gak semenyenagkan ekspektasi ketika pengen mwmbelinya...

    Uplos deh utk aristoteles ehh salah aplos untuk ifa hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, nggak ada filsafatnya.

      Beli barang memang kesenangan sementara apalagi pas unboxing wkwk.

      Delete