Aug 2, 2021

Virzha dan Lagu-Lagunya

Instagram @virzhaofficial

Mau males kek

Mau mager kek

Yang pentingggg

Happy aeeee!

Khas gayanya mas Virzha pas masih jadi host di The Comment. 

Bicara soal Virzha ini kalau ada yang belum tahu jadi dia adalah Juara 3 Indonesian Idol Tahun 2014. Nama lengkapnya juga unik, Di Muhammad Devirzha. Saya telusuri ternyata nama Di ini diberikan oleh mamanya begitu.

Kayaknya dua hari terakhir ini saya banyak mengulik soal mas Virzha ini. Apalagi semenjak saya sering dengar musim pop zaman dulu.

Pertama dengar single terbaru mas Virzha ini di lagu Tentang Rindu yang sangat mengandung bawang. Bikin kita ingat orang tua khususnya Bapak. Kalau belum nonton buruan nonton deh :(

Setelah tahu lagu Tentang Rindu saga hanya sekilas tahu lagunya dan prnyanyinya namun tidak mengulik lebih lanjut. Apalagi mengikuti bagaimana aktivitas sosok Virzha ini. 

Barulah, beberapa hari yang lalu saya sering dengar lagu pop lama mulai Ungu, D'Bagindas, ST 12 dan tiba-tiba direkomendasikan lagunya Dewa 19 yang berlanjut ke Dewa 19 feat Virzha. Yap, pertama yang saya tonton pas lagu "Pupus" dan kesan saya bagus banget.

Musik mewah, vokal keren ala-ala serak dan soft rock. Rasanya patah hati tapi tetep cool dan keren gitu ya wkwkw.

Lagu Pupus selesai ternyata membuat saya candu untuk menikmati lagu yang lain seperti Selimut Hati dan Larut yang dibawakan oleh Virzha. Seolah mendadak saya jadi Dev (fans Virzha) dengan maraton lihat kegiatan-kegiatan Virzha sebelumnya melalui Youtube.

Ternyata dia sempat jadi host di The Comment yang kocak abis, kemudian saya flashback dengar single pertama Aku Lelakimu yang videoklipnya juga mengandung bawang dan sampailah saya di youtube pribadi yang khusus daily vlognya.

Dari situlah saya mulai mengenal Virzha yang suka kucing, baru buka kedai kopi @diwaroeng, punya 2 album yaitu Satu dan Kedua. Saya tahunya dulu ya Tentang Rindu aja ternyata ya banyak ya namanya album wkwk.

Ada Sirna, Janji, Hadirmu dan masih banyak lagi. Secara personal, hal yang membuat saga kagum adalah kedekatannya dengan keluarga. Saya melihat mas Virzha ini begitu dekat dengan keluarganya, nyanyi bersama, makan bersama sampai-sampai mempersembahkan lagunya untuk orang tua.

Lanjut lagi, saya juga baru tahu kalau mas Virzha ini tahun 2014 juga jadi vokalis Mahadewa dan kemudian entah 2020/2021 ini jadi vokalis Dewa 19.

Iya, Dewa 19 yang legend itu.

Waktu kecil saya tahunya vokalis Dewa 19 itu Once. Tapi ternyata sebelumnya ada vokalis lain yaitu Ari Lasso. Ini ya baru tahu saya wkwkw. Nguliklah saya mengenai Dewa 19 terutama mengenai sejarah dan personilnya.

Soal sejarah ternyata tidak lepas dari personilnya yang sudah berteman sejak SMP yaitu Andra dan Ahmad Dhani. Barulah saat SMA bertemu Ari Lasso.

Oiya, saya juga baru tahu lagi kalau Andra Dewa 19 ya Andra yang sama di Andra and The Backbone. Lagu favorit saya Hitamku, Main Hati dan Sempurna. Dulu waktu SD nungguin videoklipnya pulang sekolah. Masih ingat saya wkwk. Saya juga aktif menulis lirik lagu-lagu tersebut :D

Btw, saya juga nyari tahu soal grup band Andra and The Backbone ini lain kali aja saya tulis hehe.

Berawal dari Virzha dan Dewa 19 kemudian saya menelusuri lagi lagu-lagu dewa yang lama mulai Satu, Roman Picisan, Selimut Hati dengan berbagai versi. Kalau lagu favorit saya di Dewa 19 ini tentu saja Pupus dan Risalah Hati. Apalagi yang ngebawain Virzha rasanya cool banget. Kalau lagunya Virzha, yang saya suka Aku Lelakimu, Tentang Rindu dan Sirna. 

Aku lelakimu menurut saya bercerita tentang seorang laki-laki yang menyakinkan pasangannya kalau dia adalah lelakinya. Tempatnya bercerita.

Dari awal lirik saja sudah bisa kita terka.

"Datanglah bila engkau menangis"

"Ceritakan semua yang engkau mau"

" Karena ku disini, sebagai lelakimu"

Kan kan, bagus ya. Lagu ciptaan Pongky Barata yang sebelumnya dinyanyikan oleh Anang Hermansyah.

Lagu berikutnya Tentang Rindu yang menurut saya berisi kerinduan yang tak tertahankan kepada orang tua saat seseorang di perantauan.

Lirik awalnya

"Pagi telah pergi"

"Mentari tak bersinar lagi"

"Entah sampai kapan"

"Ku mengingat tentang dirimu"

Pagi telah pergi ini buat saya seperti orang tua yang mulai tua dan letih. Orang tua yang mulai membutuhkan waktu kita. Sedangkan di kejauhan kita terus mengingat orang tua kita setiap waktu.

Lagu berikutnya Sirna

Lirik pertamanya

"Kau buat sirna, sudahlah"

"Harapanku, hidup bersamamu"

Sirna ini seolah sesuatu yang hilang atau tidak jadi begitu ya. Padahal kita berharap bisa hidup bersama orang tersebut. Huhu

Ya begitulah sedikit cerita mengenai Virzha dan lagu-lagunya yang menjadi favorit saya. Ya meskipun saya juga menyinggung soal Dewa 19 hehe. 

Sepertinya tulisan ini menjadi tulisan terpanjang di blog ini, hampir 1000 kata yang ngebahas Virzha wkwkwk.

Btw, adakah yang Baladewa atau Dev disini ??

Share:

2 comments:

  1. Haha kemana aja fah,, kok bru tau klo ari lasso itu vokalis dewa,, malah masa jayanya dewa yah vokalisnya ari lasso, once mah masuk pas udah puncak kejayaannya dewa...
    Seriusan baru tau andra itu, yg main jg di andra & the backbone??? Jd andra itu punya babyak lgu yg warna musiknya agal lain sama dewa dan gak cocok dibawain vokalnya sama once jd andra bikin deh projek bru sama the backbone....

    Klo soal virza sihh saya kurang suka hehehe... Jd bru tau juga soal virza d postingan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gatau ya kemana wkwkek
      Tau saya ya Once itu vokalisnya. Taunya di lagu "Satu". Ya baru akhir² ini ngulik Dewa 19 dan tahu kalau dulunya vokalis prtama Ari Lasso trs Once dan skrng Virzha. Hehe

      Serius juga baru tau kalau Andra Dewa 19 ya Andra and The Backbone itu yg jd side jobnya Andra. Wkwkwk

      Padahal saya suka sekali lagu²nya Andra and The Backbone itu, apalagi Sempurna, Hitamku, Main Hati dan Tunggu Aku wkwkw.

      Dulu masih kecil pas dengerin lagu² itu. Hafal lagunya tapi tidak terlalu hafal dan memperhatikan orangnya ini yang mana.

      Barulah akhir² ini saya juga ngulik personilnya Andra and The Backbone ini. Ternyata Dedi Lisan vokalisnya itu dulunya jurnalis. Sy juga nyari tahu soal mas Andra ini. Suka sekali dengar solo gitarnya pas di lagu Pupus. Saya ulang²in terus saking bagusnya wkwmw.

      Soal Virzha ya seperti yg sy tulisan hehehe

      Delete