Sep 30, 2021

Belajar dari Permainan Squid Game

 


Sebelum nonton serial Squid Game ini saya sempat ragu jadi nonton apa tidak karena lihat cuplikan di Youtube itu terlihat sadis. Tapi, saya putuskan buat nonton setelah diyakinkan temen saya. 

Ada yang sama kayak saya ? :(

Btw, Squid Game adalah serial netflix yang bercerita tentang sekelompok orang yang bermain game dan jika menang akan dapat hadiah uang miliaran. Sedangkan kalau kalah maka nyawa yang jadi taruhannya.

Season pertama ini ada 9 episode, nonton episode pertama rasanya pengen lanjut terus karena seru. Properti yang unik, warna cerah dan rasanya kayak kita ikut bermain disitu. 

Oiya, permainan yang dimainkan di Squid Game ini ada banyak diantaranya Lampu Merah Lampu Hijau, Gulali, Tarik Tambang, Kelereng, Jembatan Kaca, Permainan Cumi-Cumi.

Saya bahas satu-satu deh soal permainan di serial ini. Barangkali ada pelajaran yang bisa kita ambil.

LAMPU MERAH, LAMPU HIJAU

Kalau di Indonesia seperti main petak umpet gitu ya. Kalau di serial ini, pemain bergerak maju ke garis finish supaya menang. 

Saat penjaga bilang "Lampu merah", pemain berhenti bergerak. Nah, kalau bilang "Lampu Hijau", pemain bisa berjalan/berlari menuju ke garis finish.

Pemain juga diawasi oleh boneka besar. Kalau pemain terdeteksi bergerak waktu bilang "Lampu Merah" bakalan didor alias ditembak ditempat.

Pelajaran yang diambil di permainan ini kita harus selalu fokus dan tidak tergesa-gesa melakukan sesuatu. 

GULALI

Cara bermainnya, pemain memilih salah satu gambar seperti lingkaran, segitiga, payung dan bintang kemudian pemain diberi gulali dengan gambar yang dipilih. Selanjutnya adalah mengukir gambar dengan jarum.

Oiya, hasil ukirannya juga tidak boleh patah. Kalau patah ya didor :(

Di permainan ini kita bisa belajar kalau dalam melakukan sesuatu juga harus berpikir kreatif dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Kocak juga sih ngeliat pemeran utama di serial ini menggunakan teknik yang unik saat mengukir gulali wkwkw.

TARIK TAMBANG

Kalau dua permainan sebelumnya itu serentak, di permainan ini dibuatlah per tim. Permainannya Tarik Tambang yang cukup menegangkan juga.

Coba deh nonton di Netflix (Youtube) pas cuplikan ini. Bagus banget strategi yang diberikan kakek pemain nomor 001 buat main Tarik Tambang ini.

Lumayan buat referensi pas Lomba 17 Agustus, hehe.  

Pelajaran yang diambil di permainan ini tentu saja kerja sama dalam tim, pentingnya kerja cerdas, tidak menyerah dan strategi dalam melakukan sesuatu.

KELERENG

Permainan yang tidak asing lagi ya. Saya juga sering main kelereng waktu kecil. Nah, di serial ini pemain diminta nyari pasangan kemudian menentukan sendiri gimana cara bermainnya. Intinya pemenangnya yang punya 10 kelereng dari temennya. 

Kalau pasangannya udah gak punya kelereng berarti otomatis kalah dan didor :(

Di permainan ini rasanya sedih banget. Terutama pas kakek nomor 001 tiba-tiba kayak lupa ingatan, banyak yang curang, berkhianat dan duh pokoknya mau nangis aja :(

Bayangin aja sebelumnya diminta nyari pasangan, pastinya kita nyari orang yang kita kenal atau dekat dengan kita. Nah, masalanya ini kan nggak tahu mau main apaan. 

Eh, mainnya malah begini. Membuat keputus yang sulit. 

Pilih yang mati diri sendiri atau pasangannya. 

Permainan kelereng ini emang menguji integritas diri kita. Apakah kita jujur, tulus atau ya egois dan curang demi kemenangan.

JEMBATAN KACA

Pemain melewati jembatan kaca yang sudah dikotak-kotakkan. Nah, kacanya ini ada 2 tipe yaitu kaca yang tebal (orang gak akan jatuh) dan kaca yang mudah pecah (orang bisa jatuh ke bawah). Jembatannya juga berada diatas ketinggian. Serem bgt pas permainan ini :(

Di permainan ini dibutuhkan kejelian dan kecermatan dalam memilih mana kaca yang tebal dan tipis. Pemain juga harus melewati jembatan ini dalam waktu 30 menit.

Rasanya, kita seolah dihadapkan dalam keputusan bergerak maju atau berhenti. 

Ketika terus bergerak ada kemungkinan hidup atau mati tetapi ketika berhenti dan tidak melakukan apapun ya sudah pasti akan mati karena kehabisan waktu.

PERMAINAN CUMI-CUMI 

Kalau di Indonesia mirip Gobak Sodor. Ada penjaga dan penyerang. Permainan Cumi-Cumi di serial ini hanya 2 orang. Satu sebagai penjaga dan satu sebagai penyerang. Penyerang ini harus melewati penjaga untuk sampai di garis lingkaran dan berarti menang.

Nah, itu dia ya beberapa permainan di Squid Game ini. Saya paling suka waktu main Tarik Tambang, paling kocak pas permainan gulali dan paling tegang pas permainan jembatan kaca.

Kalau kamu gimana?

Paling suka permainan yang mana?

Share:

0 komentar:

Post a Comment